Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC (Test of English for International Communication) bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

Pelaksanaan Test TOEIC

Suasana Lab saat Tes TOEIC

SMK Strada Daan Mogot telah mengikutsertakan sebanyak 59 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 57 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Fasilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 29 September 2020, SMK Strada Daan Mogot melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Tahun ini merupakan tahun pertama kali SMK Strada Daan Mogot mengikuti kegiatan SMK English Challenge 2020. Sebelum pelaksanaan TOEIC, para siswa wajib mengikuti tes VIERA terlebih dahulu sebagai seleksi untuk mengikuti tes TOEIC. SMK Strada Daan Mogot memilih pelaksanaan tes Viera dan TOEIC di sekolah agar siswa dapat mengikuti ujian dengan baik dan lancar karena lab, peralatan dan perlengkapan disiapkan sesuai dengan standar kebutuhan. Dan SMK Strada Daan Mogot juga menerapkan protocol kesehatan yang ketat sesuai dengan peraturan dari pemerintah. Selama persiapan mengikuti seleksi Tes Viera dan TOEIC, Tim Viera dan TOEIC sangat membantu sehingga semua pelaksanaan tes Viera dan TOEIC dapat berjalan dengan lancar.

Pengalaman pertama mengikuti SMK English Challenge 2020 ini sangat menyenangkan dan menantang. Untuk siswa SMK khususnya kelas 12, dapat lolos dan mengikuti Tes TOEIC akan menjadi bekal bagi mereka untuk mencari kerja setelah lulus atau untuk kelengkapan syarat beasiswa di pendidikan lebih lanjut. Berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Tes TOEIC juga membuat siswa bangga dan percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggrisnya. Semoga SMK English Challenge tetap selalu diadakan setiap tahun sehingga para siswa memiliki kesempatan untuk mengikuti Tes TOEIC.

Sebarkan artikel ini